Harga Emas Turun ke Level Terendah 2 Bulan

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun ke level terendah dalam waktu sekitar dua bulan pada hari Kamis. Penurunan ini setelah jumlah pengangguran mingguan AS lebih rendah mendukung pendirian Federal Reserve bahwa suku bunga harus naik lebih tinggi untuk mengendalikan inflasi.

Dikutip dari CNBC, Jumat (24/2/2023), harga emas di pasar spot turun 0,1 persen pada USD 1.822,5 per ons pada 4:16 p.m. ET, setelah menyentuh level terendah sejak 30 Desember sebelumnya. Futures Emas A.S. turun 0,8 persen untuk menetap di USD 1.826,8.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga turun pekan lalu, menunjuk ke pasar tenaga kerja yang ketat dan tekanan inflasi.

Sementara itu, produk domestik bruto negara itu meningkat pada tingkat tahunan 2,7 persen yang direvisi pada kuartal keempat tahun 2022, direvisi turun dari 2,9 persen yang dilaporkan bulan lalu.

Suku Bunga The Fed

Sementara angka PDB melewatkan sedikit harapan, penurunan penurunan klaim pengangguran membuat Fed di kursi pengemudi sedemikian rupa sehingga mereka dapat terus menaikkan tarif, kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Pertemuan pada hari Rabu menunjukkan para pembuat kebijakan yang disepakati tarif perlu bergerak lebih tinggi, tetapi pergeseran ke kenaikan yang lebih kecil akan membiarkan mereka mengkalibrasi lebih dekat dengan data yang masuk.

“Satu-satunya cara untuk memerangi inflasi adalah dengan menaikkan suku bunga dan satu-satunya cara yang akan hilang adalah ketika konsumen mengetuk, tetapi konsumen belum mengetuk, mereka masih membeli,” Haberkron menyoroti.

Dana Fed Futures sekarang harga dalam tiga kenaikan lagi menjadi 5,25-5,50 persen meningkatkan ekspektasi kembali untuk pemotongan suku bunga di masa depan.

Suku bunga yang tinggi meredam daya tarik emas sebagai lindung nilai inflasi sambil meningkatkan biaya peluang untuk memegang aset yang tidak menghasilkan.


Harga Emas Dunia Jatuh ke Bawah USD 1.850 per Ons, Mampu Bangkit?

Harga emas turun di bawah USD 1.850 per ons sepanjang Februari ini disebabkan penjualan ritel AS yang diluar prediksi pada Januari 2023. Pasar emas bereaksi terhadap data ekonomi yang kuat, yang menunjukkan lebih banyak pengetatan oleh Federal Reserve.

Rilis makro yang sangat dinantikan dari minggu ini menunjukkan bahwa inflasi mendingin lebih lambat dari yang diperkirakan, sementara ekonomi AS tetap cukup kuat dan itu bisa membenarkan lebih banyak kenaikan suku bunga The Fed.

“Logam mulia diperdagangkan di bawah USD 1850 berkat angka inflasi AS yang kaku dan pandangan yang bertentangan dari pejabat Fed. Mengingat bagaimana dolar kemungkinan akan mendapatkan kekuatan dari ekspektasi seputar Fed yang tetap hawkish lebih lama, ini bisa diterjemahkan menjadi lebih menyakitkan bagi nol- menghasilkan emas di jalan,” kata analis riset senior di FXTM Lukman Otunuga, dikutip dari laman Kitco News, Senin (20/2/2023).

Otunuga menjelaskan, penjualan ritel dari Januari melambung tajam, naik 3 persen dibandingkan yang diharapkan 1,8 persen. Selain itu, aktivitas pabrik negara bagian New York mengalami kontraksi pada bulan Februari selama tiga bulan berturut-turut, tetapi dengan kecepatan yang jauh lebih lambat.

Ini terjadi setelah data inflasi AS menunjukkan IHK tahunan sebesar 6,4 persen pada bulan Januari dibandingkan perkiraan perlambatan menjadi 6,2 persen

“Sementara inflasi di ekonomi terbesar dunia terus melambat, itu tidak jatuh secepat yang diantisipasi investor, pada akhirnya menghidupkan kembali taruhan kenaikan suku bunga Fed. Mengingat bagaimana angka inflasi terbaru ini menambah laporan ledakan pekerjaan bulan Januari, dolar bisa naik lebih tinggi dalam jangka pendek,” tambah Otunuga.

Sejumlah pembicara The Fed juga cenderung hawkish minggu ini, meningkatkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut. Presiden Fed Dallas Lorie Logan mengatakan The Fed harus tetap siap untuk melanjutkan kenaikan suku bunga untuk periode yang lebih lama dari yang diantisipasi sebelumnya” karena pasar tenaga kerja yang “sangat kuat”.


Suku Bunga

Sementara itu, Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker mengatakan pembuat kebijakan mungkin perlu menaikkan suku bunga di atas 5 persen.

“Berapa banyak di atas level itu akan sangat bergantung pada apa yang kami lihat, kami memiliki laporan inflasi yang bagus karena bergerak turun, tetapi tidak cepat,” ujar Harker.

Disisi lain analis pasar di Kinesis Money Rupert Rowling, menilai penetapan kenaikan suku bunga yang harus dilakukan Fed dapat mempengaruhi penentuan harga emas di pasaran.

“Prospek kenaikan suku bunga mengurangi daya tarik logam mulia, karena tidak menghasilkan imbal hasil bagi pemegangnya, dengan aset berbunga lainnya lebih disukai,” kata Rowling.

Selain itu, data ekonomi yang kuat juga meminimalkan kemungkinan hard landing, yang merupakan salah satu pendorong utama emas memasuki tahun baru.

“Banyak investor mengantisipasi bahwa skenario hard landing dapat terbukti mengganggu aset berisiko dan mendorong beberapa aliran menuju bullion. Sekarang sepertinya skenario hard landing tidak akan terjadi,” kata Analis pasar senior di OANDA Edward Moya.